5 Tips Belanja Online yang Aman Agar Tidak Tertipu

Kemajuan teknologi membuat kita semakin dimudahkan dengan berbagai macam perkembangan zaman. Seperti saat ini, kita sangat diberikan kemudahan untuk berbelanja. Kalau biasanya kita harus mengunjungi took, saat ini kita tidak perlu repot-repot lagi pergi ke toko untuk membeli suatu barang, cukup dengan internet dan gadget saja kamu sudah bisa berbelanja.

Ya belanja online atau online shopping ini tentu sangat membantu banyak orang yang ingin mencari suatu produk. Mempermudah mendapatkan barang yang kita inginkan. Berbagai macam produk, sudah mudah kita cari.

Namun sayangnya, seiring dengan berkembangnya online shopping ini, modus-modus kejahatan pun juga ikut berkembang, seperti yang sudah kita ketahui adalah penipuan online shopping. Banyak konsumen yang tergiur harga miring yang sebenarnya bisa saja menipu, lalu bagaimana agar kita tidak mudah tertipu saat berbelanja di toko online? Yuk, simak tips sederhana ini agar kamu tidak mudah tertipu saat sedang berbelanja online atau online shopping :

  1. Hindari Harga yang Terlalu Miring

Jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu miring atau murah ya Sahabat, karena harga yang terlalu murah itu patut dicurigai. Soalnya harga pasti sesuai dengan kualitas, dan gak mungkin seorang penjual menjual barangnya terlalu murah, karena jelas-jelas itu akan merugikan mereka, kecuali kalau penjual itu adalah penipu. Coba deh kamu cek dulu testimoni dari para pembeli yang sudah membeli barangnya. Catat ya ada harga ada rupa.

  1. Pastikan Website yang Terpercaya

Sebelum memulai berbelanja online, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu nih, dimanakah website jual-beli yang terpercaya (minim penipu). Kamu bisa searching di internet mengenai website jual-beli yang udah terpercaya dan cari informasi juga mengenai orang-orang yang pernah berbelanja di website tersebut. Biasanya brand ternama sudah mempunyai banyak review di website.

  1. Kenali Produk yang Ingin dibeli

Kalau kamu ingin membeli suatu produk, sebaiknya kamu browsing dulu mengenai produk yang ingin dibeli, agar lebih mengenal tentang produk tersebut dan apa aja yang disertakan oleh produk tersebut jika anda membelinya (kelengkapannya). Selain itu, supaya kamu bisa mencocokan produk yang dijual sesuai atau tidak (harga, foto produk, kelengkapan) dengan iklan yang disediakan penjual. Minusnya membeli prdouk secara online adalah kamu tidak tau apakah itu asli atau palsu, sekali lagi kembali kepada ada harga dab ada rupa.

  1. Menggunakan Layanan COD (Cash On Delivery)

Alternatif menggunakan layanan Cash On Delivery perlu kamu coba Sahabat, hal ini karena COD merupakan kegiatan tranksaksi secara langsung di suatu tempat antara pembeli dan penjual. Cara ini merupakan cara paling aman agar gak ketipu kalau berbelanja online.

  1. Kenali Penjual Sebelum Membeli

Sebelum membeli produk, baiknya kalau kita mencari tahu asal usul si penjual tersebut. Bagaimana barang jualannya, websitenya, testimonialnya, reputasinya dan lain sebagainya. Apalagi kalau penjual yang masih newbie atau yang belum ada reputasi/testimonial, sebaiknya kamu lebih berhati-hati, karena informasinya pasti sangat sulit untuk dicari.

 

Nah, Sahabat itu tadi beberapa tips untuk kamu yang ingin berbelanja melalui online shopping dengan aman dan tanpa khawatir tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk berbelanja dengan aman dan berkah, yuk kunjungi pasarsedekah.com, Insya Allah bahagianya berbelanja, berkahnya bahagiakan saudara.