tips jualan online pasar sedeekah

6 Tips Jualan Online Untuk Pemula, Insya Allah Sukses!

Disaat toko retail banyak yang terpaksa harus tutup karena masyarakat masih ragu untuk bepergian keluar rumah. Berjualan online menjadi salah satu opsi paling menjanjikan di masa-masa pandemi seperti saat ini. Anda salah satu yang ingin memulai bisnis online? Coba cek dulu tips jualan online berikut agar tidak bingung mulai dari mana.

Sesungguhnya lebih banyak peluang agar jualan online bisa laris dibanding jualan offline. karena jualan online pun bisa dimulai tanpa modal. 

Menjadi dropshipper salah satu trik memulai jualan online tanpa modal. Hanya dengan mencari penjual yang membuka sistem dropship, lalu mempelajari syarat dan ketentuan dropshipper di penjual tersebut. 

Menjadi dropshipper akan memberikan keuntungan untuk kedua pihak. Bagi supplier akan meningkatkan omzet secara pasif, dan sebagai alat promosi gratis untuk tokonya.

Begitupun untuk dropshipper, hanya dengan memposting ulang produknya, tinggal menunggu pembeli. Produk pun dikirim dari supplier. Kamu sudah bisa mendapat keuntungan yang akan diberikan supplier.

Berikut data yang menunjukkan bahwa transaksi online meningkat pesat selama masa pandemi tahun 2020. 

data peningkatan e-commerce

6 Tips Sukses Jualan Online bagi Pemula yang diperlukan:

  1. Ada Produk yang Dijual
  2. Memahami Produk yang Dijual
  3. Foto Produk yang Baik
  4. Memahami Market yang ada
  5. Riset Kompetitor
  6. Sabar, Jangan Cepat Nyerah

1. Ada Produk yang Dijual

Untuk memulai jualan online, tentu harus memiliki produk apa yang ingin dijual. karena hal ini menjadi penentu untuk langkah kamu memulai jualan online dengan sukses. 

2. Memahami Produk yang Dijual

pahami produk jualan online

Jika kamu sudah memutuskan produk apa yang akan dijual, pastikan kamu memahami betul tentang produk tersebut. Mulai dari jenis, varian, warna, dan lainnya. 

Misal kamu ingin jualan baju koko, kamu harus paham tentang bahan apa saja yang kamu sediakan, kelebihan bahan tersebut dibanding yang lain. 

Atau jika kamu ingin jualan sepatu, pastikan kamu sudah kenal merk sepatu itu. 

3. Foto Produk yang Baik, Amunisi Penting Jualan Online

Produknya sudah ada, lalu apa lagi? ini salah satu bagian pentingnya. Foto produk? yak, karena foto yang ditampilkan bisa menjadi daya tarik untuk pembeli kamu. Persiapkan yang terbaik untuk produkmu. 

Mulai dari penggunaan kamera yang baik, tidak harus kamera mirrorless atau kamera mahal lainnya. Kamera Smartphone pun bisa menjadi andalan. yang terpenting adalah sudah memiliki kamera dengan resolusi tinggi.

Pencahayaan saat sesi pemotretan produk juga menjadi hal yang mesti diperhatikan. Untuk pebisnis pemula, cahaya matahari sudah sangat cukup membantu. 

Background foto juga menjadi salah satu faktor agar lebih menarik perhatian pembeli untuk klik produkmu.

Baca Juga: 5 Tips Belanja Online yang Aman Agar Tidak Tertipu

4. Memahami Market yang Ada

Dalam berjualan offline mungkin kita cukup membuka toko, promosi kecil-kecilan dan menunggu pembeli datang. bagaimana dengan jualan online? 

Kamu harus memahami betul market yang ada dari produk yang akan dijual. seperti siapa saja yang jadi target pembeli, pelajari dengan baik kebiasaan pembeli produk sejenis di kompetitor yang paling laku di ecommerce seperti tokopedia, shopee, pasarsedekah.com, sehingga kamu bisa menerapkan di toko online-mu.

5. Riset Kompetitor 

kompetitor jualan online

Kompetitor  berjualan online memang sangat banyak. Terlebih lagi disaat pandemi seperti ini, bisa dari yang terkena PHK karena terdampak pandemi, atau juga bisa dari yang tutup toko offline kemudian beralih ke online. Dan jangan lupa, dari toko yang memang sudah lama memulai bisnis online.

Strategi yang bisa digunakan bisa dengan melihat toko paling laris yang menjual produk sejenis dengan tokomu, kamu bisa menjual dengan harga lebih murah, agar bisa berada di urutan paling atas ketika calon pembeli mengurutkan dari harga termurah.

6. Berdoa, Sabar, Jangan Cepat Menyerah dalam Jualan Online

tips jualan online berdoa

Bagi pemula, kesabaran dan semangat pantang menyerah adalah salah satu kunci sukses jualan online. Jika diawal belum langsung cepat laku, itu adalah hal yang wajar. Hal yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu banyak berdoa, dan selalu perbanyak sedekah dari setiap penjualan kamu. 

Pasarsedekah.com menjadi ecommerce yang menghadirkan keberkahan untuk setiap penjual dan pembeli. Di dalam setiap transaksi akan selalu ada sedekah yang penjual dan pembeli salurkan. 

Dengan demikian, insyaAllah baik pembeli dan penjual akan merasakan keberkahan sedekah di setiap transaksi. 

 

Itu dia adalah beberapa tips yang bisa menjadi penyemangat pelaku jualan online. Kreativitas, semangat tinggi, dan kesabaran menjadi kunci untuk bisa melewati masa kritis seperti saat ini.

 

 

Related Posts